Sabtu, 09 Maret 2013

Filled Under: , ,

10 Fakta Tentang Kopi Yang Perlu Anda Tahu



Di negara-negara beriklim sejuk, meminum kopi menjadi hal yang sudah biasa bagi penduduknya. Di Finland misalnya, aktifitas minum kopi setiap hari dilakukan selama 3 jam sekali. Di Kanada, kopi menjadi satu minuman penting dalam rutin keseharian warganya. Di mana-mana terlihat  orang membawa cangkir kopi..

Tidak mengherankan, kedai-kedai kopi berbagai kedai kopi muncul dan tumbuh selepas hujan di seluruh dunia termasuk di negara kita Indonesia. Dan kopi seolah-olah menjadi fenomena baru warga dunia zaman kini. Sebut sahaja Starbucks, Second Cup, Tim Horton, Gloria Jeans Cafe, Kopitiam, Warung Kopi Pak Ali atau Kedai Kopi Ah Beng semuanya menjual berbagai bentuk jenis minuman berkafein ini. 

Agar lebih mengetahui apa sih keuntungan  kopi, yuk simak yang satu ini:

1. Kopi ditemui oleh kambing.
Kira-kira seribu tahun yang lalu di pergunungan afrika, sekawan kambing terjaga malam setelah memakan biji kopi merah. Pengembala kambing menemukan kambing ternakannya memakan biji dan daun kopi dengan jumlah yang banyak. Mulai dari saat itu, manusia mula belajar meminum kopi.

2. Kopi yang baik bergantung pada kaedah memanggang dan penghancurannya.
Jika ingin menikmati rasa kopi yang enak, tergantung pada cara pengolahannya yaitu memanggang dan mengisarnya. Selama memanggang, minyak dari biji kopi akan keluar dan minyak ini akan menambah rasa kopi. Kandungan kafein di dalam kopi berasal dari minyak yang timbul  dari hasil pemanggangan biji kopi ini dan jumlahnya bergantung berapa lama ia berada di bagian paling dasar. Kopi biasa mempunyai kandungan kafein yang lebih tinggi dibanding espresso dan cappucino. Cara pemanggangan yang lama juga akan menghasilkan kafein yang berlebihan.

3. Kafein bukanlah penyebab rasa pahit kopi.
Banyak orang yang beranggapan, semakin pahit rasa kopi, maka makin tinggilah kafeinnya. Ternyata itu tidak benar!

4. Pengurangan kafein menggunakan bahan kimia
Untuk mengurangi kandungan kafein dalam kopi, dapat menggunakan sejenis kimia yaitu methylene chloride.

5. Pengurangan kafein (nyahkafein / decaffein) di dalam kopi tidak menyebabkan kafein hilang 100%
Penyingkiran kafein atau decaffein atau bebas kafein bukanlah menghilangkan 100% kafein kopi. Ia masih ada di dalam kopi dengan jumlah yang lebih sedikit. Dengan meminum 10 cangkir kopi yang decaffein, sama seperti meminum 2 cawan kopi berkafein.

6. Kopi dapat menyegarkan dan juga mengurangi rasa mengantuk.
Fakta ini mungkin sudah diketahui banyak orang. Meminum kopi supaya  membuatkan kita menahan diri dari mengantuk dan tertidur terutamanya di waktu malam. Bagi penggemar kopi yang tidak bertujuan untuk berjaga malam, sebaiknya minumlah kopi 6 jam lebih awal untuk tidak mengganggu jadwal tidur.

7. Kafein dapat mengurangi  rasa sakit.
Menurut satu penelitian, meminum kopi dalam jumlah yang sedang mampu mengurangi rasa sakit.

8. Kafein dapat meningkatkan rasa gairah seks.
Penelitian pernah dilakukan dengan mencoba seekor tikus dan telah berhasil. 

9. Kopi sebenarnya baik untuk kesehatan
Sebenarnya kopi memiliki kandungan antioksidan dan ia baik untuk kesehatan sebatas kita mengkonsumsinya secara normal.

10. Kafein dapat membunuh
Jika seseorang mengkonsumsi kopi dengan kadar yang tinggi melebihi sehingga 80-100 cangkir per hari dapat menyebabkan kematiani. Jangan mencubanya!

Sumber : Mohd Faizal Aziz Editor Majalahsains.com