Rabu, 05 Februari 2014

Filled Under: ,

Cara Sederhana Mengobati Flu


Fakta Luar Biasa - Influenza atau yang lebih dikenal dengan sebutan flu merupakan infeksi virus yang terjadi pada alat pernafasan seperti hidung, tenggorokan dan paru-paru, sehingga kinerja hidung dan tenggorokan Anda terganggu. 

 Penularan penyakit Flu sangat mudah menyebar dari satu orang ke orang lain dengan melalui berbagi cara seperti berbagi minuman, berbagi alat makan, kontak langsung, juga batuk dan bersin. 

Umumnya gejala yang ditimbulkan oleh penyakit flu adalah demam, batuk, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, nyeri, dan menggigil. Tapi tahukah Anda bahwa penyakit ini dapat dengan mudah diobati dengan cara yang sederhana? 

Berikut cara-cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengobati penyakit yang sangat menggangu ini: 

Perbanyaklah Minum 
Tak sedikit orang yang terserang influenza mengalami dehidrasi, terutama jika Anda menderita demam disertai mual dan diare. Hal tersebut tentu akan memaksa tubuh Anda membutuhkan asupan cairan yang lebih. Air putih, jus buah, soda dan makanan berelektrolit sangat dianjurkan untuk Anda konsumsi. Hindari minuman berkafein, karena kafein dan minuman yang mengandung alkohol. 

Nikmatilah sup ayam
Sejak dulu kala, dari generasi ke generasi, sup ayam telah dipercaya untuk menyembuhkan penyakit flu. Suatu penelitian yang dituangkan dalam jurnal Chest (2000) menjabarkan bahwa sup ayam dapat membantu meredakan gejala infeksi saluran pernapasan atas. 

Terapi uap 
Salah satu strategi yang efektif adalah dengan menikmati mandi uap beberapa kali sehari, atau sekedar menyalakan shower dan duduk di kamar mandi selama beberapa menit hanya untuk menghirup uap. Menghirup uap panas dipercaya dapat membantu meringankan hidung tersumbat dan sakit tenggorokan. 

Cobalah kompres hangat 
Letakkan kain hangat pada dahi dan hidung, karena kain hangat merupakan alat yang ampuh untuk meredakan sakit kepala atau sinus. 

Lemon dan Madu 
Kombinasi Lemon hangat dan Madu merupakan salah satu pengobatan ala rumahan yang mujarab. Kandungan vitamin dari lemon dan madu serta kehangatannya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh kita, sekaligus memberi kelegaan pada daerah tenggorokan dan sinus kita. 

Berkumur Air Garam 
Berkumur dengan air garam membantu menyingkirkan lendir tebal yang dapat mengumpulkan di bagian belakang tenggorokan, terutama setelah Anda berbaring. Hal ini juga dapat membantu meringankan telinga tersumbat yakni membuka tabung eustachius. 

Demikianlah beberapa cara alami mengatasi penyakit yang sangat menjengkelkan ini, semoga cara sederhana diatas dapat bermanfaat dan menyembuhkan penyakit flu anda. Selamat mencoba. 

Sumber : Intisari-Online.com

0 komentar:

Posting Komentar