Minggu, 17 November 2013

Filled Under: ,

Fakta Khasiat Salak Bali Bagi Kesehatan

Fakta Luar Biasa - Bepergian ke Bali sepertinya kurang lengkap jika tak membawa pulang salak bali sebagai buah tangan. Salak bali banyak digemari karena dagingnya yang tebal, biji salak yang relatif kecil, tekstur yang renyah dan rasanya yang segar. Maka tak heran jika buah tropis Indonesia tersebut tak hanya terkenal di wilayah Bali, tetapi juga terkenal se-nusantara hingga ke luar negeri.

Banyak sekali tempat di Bali yang menjual salak bali, sedangkan pembudidayaannya terdapat di daerah Desa Sibetan, Kabupaten Karangasen, Bali Timur. Terdapat sekitar 15 jenis salak yang dibudidayakan di daerah tersebut seperti salak gula pasir atau salak nenas. Buah salak bali adalah buah yang tak mengenal musim, karenanya stok salak bali jarang terjadi kekosongan.

Di balik rasa manis dan segar, buah yang memiliki nama latin Salacca Edulis ini ternyata mengandung kalori, karbohidrat, kalsium, protein, fosfor, zat besi, flavoid, tannin, vitamin B dan vitamin C yang berguna bagi kesehatan tubuh. Bahkan buah ari yang terdapat di salak ternyata memiliki kandungan serat yang tinggi. Selain enak dikonsumsi sebagai camilan, salak juga bisa berkhasiat sebagai obat. Dengan memanfaatkan daging buah, daun, hingga kulit buah, beberapa penyakit pun dapat teratasi seperti :

Obat diare dan susah air besar.
Apabila Anda terserang diare, cobalah mengonsumsi daging buah salak setidaknya 20 gram. Niscaya penyakit diare Anda akan sembuh, cara pengobatan alami ini tentu lebih aman dibanding mengonsumsi obat warung. Sedangkan untuk memperlancar buang air besar, Anda juga bisa mengonsumsi salak bersamaan dengan kulit ari yang menempel pada daging buah. Kulit ari tersebut memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat membantu melancarkanbuang air besar.

Obat penyehat mata. 
Salak mengandung vitamin A (betakaroten) yang dapat membuat mata lebih sehat. Berdasarkan penelitian, 100 kg kandungan salak mengandung betakaroten yang lebih besar 5,5 kali lipat dibandingkan mangga. Apabila tubuh memiliki kecukupan vitamin A, maka Anda dapat terhindar dari resiko denaturasi protein yang dapat menyebabkan katarak. Betakarotein selain dapat menyehatkan mata tetapi juga bermanfaat untuk melindungi organ tubuh dari paparan radikal bebas.

Obat mabuk darat dan udara.
Bepergian jauh dengan menggunakan pesawat atau bus umum sering memicu terjadinya mabuk laut atau udara. Untuk mengatasinya Anda bisa mengonsumsi buah salak yang masih muda dengan rasa yang pahit dan sepat. Rasa pahit dan sepat tersebut dapat menahan naiknya asam lambung sehingga rasa mual pun akan dapat teratasi.

Obat diabetes kering dan tekanan darah tinggi atau rendah. 
Tak hanya daging buah yang bermanfaat, kulit salak pun memiliki khasiat dapat mmenjadi obat diabetes kering dan  menetralkan darah, baik darah tinggi maupun darah rendah. Caranya yaitu cuci bersih kulit salak, kemudian masukan dalam kuali tanah liat yang sudah dituang air secukupnya. Kemudian, rebus hingga mendidih dan minum air rebusan yang sudah disaring. Konsumsi satu liter selama dua minggu tanpa putus, maka diabetes kering dan tekanan darah Anda akan menjadi normal kembali.

Obat ambeien. 
Ambeien adalah sebuah keadaan di mana terjadi pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah pada anus. Ambeien bisa menjadikan penderitanya kurang percaya diri dan merasa tidak nyaman. Namun tak perlu khawatir apabila terkena ambeien, karena daun buah salak dapat menjadi solusi. Caranya yaitu dengan merebus daun salak, tiga lembar daun salak untuk 200 cc. Setelah direbus, air kemudian disaring dan ditambahkan gula merah secukupnya. Minumlah ramuan tersebut selagi hangat.  

0 komentar:

Posting Komentar