Kamis, 06 Februari 2014

Filled Under:

Fakta Ternyata Pria Memang Pelupa


Fakta Luar Biasa - Tidak peduli seberapa tampan ataupun mapan, pria itu -sudah bawaan- memiliki sifat pelupa! Anda pasti sering mendengar, atau mengalami, berurusan dengan pria-pria yang lupa tanggal, lupa janjian dan sebagainya. Well.. itu tidak disengaja lho, melainkan memang kelemahan mereka. 

Ini teruji secara klinis. Sejumlah peneliti dari Norwegian University of Science and Technology (NTNU) menyebutkan, “Ternyata pria lebih pelupa daripada wanita, terlepas dari berapapun usianya,” kata peneliti Jostein Holman. Dalam riset ini, peneliti mengajukan 9 pertanyaan untuk melihat seberapa baik kemampuan mengingat seseorang. Studi ini merupakan bagian dari penelitian kesehatan skala besar yang diadakan di Norwegia. Studi yang disebut HUNT3 ini melibatkan kurang lebih 48 ribu responden. Pertanyaan tersebut meliputi seberapa sering responden memiliki masalah dalam mengingat, apakah mereka bermasalah dalam mengingat nama dan tanggal, serta apakah mereka ingat apa yang dilakukannya setahun lalu. Pertanyaan terakhir adalah apakah mereka mampu mengingat detail suatu percakapan. 

Hasilnya, 8 dari 9 orang pertanyaan yang diajukan sangat sulit dijawab. “Kami banyak berspekulasi mengenai penyebab pria melaporkan lebih banyak masalah dalam mengingat dibanding wanita. Namun kami belum menemukan jawabannya. Sampai saat ini hal tersebut masih merupakan misteri,” kata Holmen. Ta-da! Wanita memiliki memori yang lebih baik. Namun pada usia tertentu, diatas 60, maka kesulitan mengingat itu dialami baik oleh wanita maupun pria. Selain itu, penelitian ini juga menyebutkan, orang yang gelisah dan depresi, dan berpendidikan rendah lebih mudah mengalami lupa. No wonder.. banyak beban hidup mereka. 

Sumber : Astaga.com

0 komentar:

Posting Komentar